5 Setting HP Android yang Wajib Diketahui

Rembangnews.com – Berikut setting hp android yang wajib kamu ketahui.

  1. Aktifkan “Backup”

Pengguna perlu mengaktifkan menu “Backup” agar data yang dimiliki tetap aman. Untuk mengaktifkannya, pengguna membuka aplikasi “Settings” kemudian mengetuk opsi “Google” dan “Backup”. Pastikan menu “Backup by Google One” sudah aktif.

Seperti namanya, pengguna akan mengandalkan layanan penyimpanan data berbasis cloud Google One untuk melakukan backup. Setiap akun Google mendapatkan media penyimpanan (storage) seluas 15 GB secara gratis.

Media penyimpanan ini memuat file dari Google Drive, Gmail, Google Photos, dan hasil backup ponsel yang dilakukan pengguna.

  1. Setting Keamanan

Kamu dapat melindungi ponsel dengan melakukan pengaturan screen lock. Caranya dengan masuk ke setting > security > screen lock.

Baca Juga :   4 Kamera DSLR Terbaik Tahun 2023

Kamu dapat memilih mengunci layar menggunakan face unlock, password, pattern atau yang lainnya. Hal ini sesuai dengan versi OS pada perangkat HP. Sangat disarankan kepada kamu untuk memilih Password atau PIN sebagai cara paling aman agar isi ponsel tidak bisa sembarang orang lihat.

Hal penting yang tidak boleh terlewatkan dalam proses setting HP Android baru adalah mengaktifkan fitur layanan Google Find My Device. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pengguna HP, karena dapat membantu saat HP yang Anda gunakan tiba-tiba hilang.

Berikut cara menggunakannya :

  • Pertama buka pengaturan pada perangkat HP.
  • Kemudian cari “Temukan Perangkat Saya”, lalu aktifkan dengan memasukkan akun Google.
  • Setelah proses pengaktifan berhasil, maka kamu dapat menuju ke android.com/find dari perangkat lain.
  • Masuk ke akun Google untuk dapat melacak HP yang hilang.
  1. Masukan Akun Google

Pada hp Android, Google sangat berperan penting dalam hal apa pun. Seperti halnya saat mendownload aplikasi, kamu pasti akan diminta masuk ke verifikasi dengan akun Google untuk mengakses Google Play Store. Dengan memasukan akun Google di awal, akan mempermudahmu dalam menjelajah aplikasi baru di hp Android.

  1. Nyalakan fitur “Find My Device”

Apabila ponsel pengguna hilang atau dicuri, salah satu cara untuk menemukannya adalah dengan memanfaatkan fitur “Find My Device”.

Baca Juga :   Blue for Bussiness, Twitter Kenalkan Fitur Khusus Perusahaan

Find My Device merupakan fitur pelacakan ponsel yang bergantung pada akun Google, perizinan akses lokasi, dan internet (WiFi/mobile data).

Sebab, Google menggunakan data lokasi, informasi perangkat, dan riwayat koneksi untuk menemukan perangkat pengguna.

Dengan kombinasi ketiganya, pengguna bisa menghubungi ponsel Android via internet.

Jika berhasil, pengguna bakal mendapatkan lokasi “ping” terakhir ponsel di Google Maps. Lokasi tersebut merupakan perkiraan tempat ponsel berada.

Untuk mengaktifkannya, pengguna mesti menuju aplikasi “Settings” kemudian menu “Security and privacy” dan “Find My Device”.

Perlu dicatat, fitur ini hanya berfungsi jika ponsel dalam keadaan hidup dan terkoneksi internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *