Masuk Masa Tenang, Bawaslu Temanggung Lakukan Pengawasan Siber

Rembangnews.com – Masuk masa tenang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Temanggung pun melakukan pengawasan siber untuk memantau ada tidaknya kampanye.

Pengawasan dilakukan di platform media sosial (medsos) Instagram dan Facebook. Mengingat dua platform tersebut memiliki banyak digunakan masyarakat.

“Dua platfrom tersebut Facebook dan Instagram ini banyak penggunanya, sehingga dijadikan media untuk berkampanye oleh tim kemenangan Pilpres maupun calon legislatif,” jelasnya.

Anggota Bawaslu Temanggung, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Sumarsih mengatakan bahwa tim pengawasan siber berjumlah 16 orang.

Jika terbukti melakukan kampanye di masa tenang, maka akan diberikan ditegur untuk menghapus akun tersebut. Jika tak diindahkan, maka akan dilaporkan ke Diskominfo Temanggung.

Baca Juga :   Ayu Thalia Ungkap Pernah Tinggal Seatap dengan Aktor Kevin Hillers

“Kalau saat ini, teman-teman pengawas siber yang melaksanakan, kalau yang dari Bawaslu kabupaten untuk kita mengirimkan imbauannya, untuk langsung menghapus akun-akun media sosialnya, itu pencegahan yang kita lakukan,” jelasnya.

Selain itu, juga dilakukan patroli di desa-desa untuk mencegah adanya aksi politik uang.

“Bawaslu Temanggung mengimbau kepada masyarakat turut serta melakukan pengawasan, jika ditemukan pelanggaran Pemilu agar segera melapor,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *