Hati-hati, Hindari Hal yang Jadi Penyebab Flek Hitam di Wajah Berikut Ini

Rembangnews.com – Setiap orang pasti mendambakan memiliki wajah yang bersih dan cerah. Meski begitu, tak dipungkiri kadang flek hitam muncul.

Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab dari kemunculan flek hitam. Flek hitam sendiri terbentuk ketika melanin memproduksi melanosome secara berlebihan dan menyebabkan pigmen kulit menjadi lebih gelap.

Berikut ini penyebab flek hitam muncul di wajah.

Pengidap penyakit tertentu

Pengidap penyakit tertentu bisa lebih rentan mengalami flek hitam. Misalnya, mereka yang mengidap tumor hipofisis, hemokromatosis, pengidap penyakit Addison dan pengidap penyakit hati.

Faktor lingkungan

Orang yang tinggal di wilayah sekitar garis khatulistiwa cenderung lebih banyak memiliki melanin. Hal itu karena respon tubuh atas sinar matahari.

Baca Juga :   Mendapatkan Hinaan dan Cacian, Balas dengan Doa Ini

Oleh karena itu, kulit mereka lebih umum berwarna cokelat gelap.

Genetik

Flek hitam juga dipengaruhi karena bawaan genetik. Misalnya orang dengan kulit cerah dan berambut pirang atau merah sering mengalami flek hitam.

Paparan sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet menjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam di wajah. Saat menginjak usia paruh baya, biasanya flek hitam bermunculan.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya maupun pelindung sinar matahari, utamanya saat beraktivitas di luar ruangan.

Masalah kulit

Flek hitam juga bisa muncul karena adanya masalah kulit. Misalnya, hiperpigmentasi pasca-inflamasi, melasma, linea nigra, melanosis riehl, poikiloderma of civatte, dan erythromelanosis follicularis.

Konsumsi obat-obatan

Baca Juga :   5 Tips Agar Kaki Terbebas dari Kutu Air Setelah Terendam Banjir

Konsumsi obat-obatan bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Hal itu karena obat-obatan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dengan paparan matahari.

Sejumlah obat yang dapat menyebabkan flek hitam adalah Estrogen, Tetrasiklin, Amiodarone, Fenitoin, Fenotiazin, dan Sulfonamida.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *