Pelajar Asal Temanggung Juara di Ajang Olimpiade Matematika di China

Rembangnews.com – Pelajar asal Temanggung bernama Anantacetta Reugra Abiraya berhasil meraih juara dalam ajang Greater Bay Area Mathematical Olympiad Final Round 2024 di Macau, China.

Abiraya sendiri duduk di bangku kelas III SD Al Kautsar Temanggung dan merupakan anak kelahiran 2 Maret 2015.

Dalam ajang tersebut ia mendapatkan 3nd prize award (bronze medal), dalam Final Round Mathematical Olympiad 2023-2024 in Macau pada 14-19 Maret 2024.

Ia bersaing dengan berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filiphina, dan China.

“Iya saya memang senang matematika, sebelum di Macau sudah banyak ikut kompetisi dan juara di Semarang, Jogja, Jakarta. Pas di Macau kemarin ikut lomba seru banyak teman dari negara lain. Saya persiapan ikut les dan latihan soal, setiap hari itu latihan soal belajar tiga jam,” ujarnya.

Baca Juga :   Gencarkan Promosi Tempat Wisata, Pemkab Rembang Kenalkan Website Museum Kartini

Ia pun akan kembali berkompetisi di tingkat internasional, yakni IMEC and JEO International Global Round di Sydney Australia pada 14 April 2024 mendatang.

Ajeng Primiana, ibu dari Raya menyebut anaknya memiliki minat pada pelajaran berhitung, biologi dan bahasa Inggris sejak kecil.

“Memang kalau ada kompetis, Raya ikut, tapi tidak semata-mata, karena ingin anak kita menang, tapi biar si anak ini punya mental bertanding. Hal itu diasahnya dari pertandingan-pertandingan. Lebih dari 20 pertandingan dia selalu juara dan berani mencoba ikut yang internasional. Kalau yang ke Macau itu persiapan 3 bulan setiap hari dril soal,” katanya.

Sementara itu, Pj. Bupati Hary Agung Prabowo mengaku bangga dengan prestasi yang diraih siswa di wilayahnya.

Baca Juga :   Artis Catherine Wilson Nikah dengan DPRD Sidrap

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Temanggung, saya mengapresiasi prestasi salah satu anak kita di SD Al Kautsar mendapat perunggu di tingkat internasional di Macau. Ini prestasi membanggakan bagi Kabupaten Temanggung. Maka talenta-talenta yang harus kita suport dan saya yakin banyak anak Temanggung yang berprestasi, nanti tinggal bagaimana kolaborasi, transparansi kita bersama antara Pemkab Temanggung dengan unsur dunia pendidikan,” katanya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *