Posyandu di Sumber Rembang Raih Juara 1 Lomba Tingkat Jateng

Rembang, Rembangnews.com – Posyandu Ngudi Lestari 1 yang berlokasi di Desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang berhasil meraih juara 1 dalam ajang lomba implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Rembang dr. Ali Syofi’i., MM mengatakan bahwa Posyandu Ngudi Lestari 1 memiliki sejumlah program inovasi unggulan.

“Ada tiga inovasi yang diterapkan di posyandu tersebut yaitu Forum Kesehatan Desa dalam Rumah Desa Sehat (FKD dalam RDS), TELPONI (Temokno Laporno Openi), dan GERDU GRAWAN (Gerak Cepat Kader Posyandu Grawan),” ungkapnya.

Sebelum ditetapkan sebagai juara, peserta lomba harus melewati seleksi administrasi, seleksi paparan melalui daring, dan visitasi tim penilai Provinsi Jawa Tengah ke posyandu yang menjadi 3 besar.

Baca Juga :   Kasus Penyakit Masyarakat Paling Banyak Dijumpai di Rembang Kota

Berkat juara yang diraih, Posyandu Ngudi Lestari 1 pun nantinya akan melaju untuk bersaing di tingkat nasional pada bulan Juli nanti.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Rembang, drg.Dini Nuraida mengatakan bahwa ILP di Posyandu Ngudi Lestari 1 telah dimulai sejak Oktober 2023.

Sebagai informasi, posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang tujuannya untuk menguatkan pelayanan kesehatan di tingkat RT/RW/dusun.

Sasarannya adalah ibu hamil/nifas, bayi/balita/anak pra sekolah, anak sekolah/remaja, usia dewasa, hingga lansia.

Pelayanan Posyandu terdiri dari pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan kesehatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *