6 Tips Lindungi Keluarga dari DBD

Rembangnews.comPenyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mejadi salah satu penyakit yang banyak merenggut korban jiwa.

Oleh karena itu, masyarakat perlu waspada dengan nyamuk DBD. Dan melakukan sejumlah upaya untuk melindungi diri dari DBD.

Berikut ini tips lindungi keluarga dari DBD.

Jaga Kebersihan Rumah

Selalu jaga kebersihan lingkungan rumah, sehingga populasi nyamuk bisa berkurang. Pastikan untuk membuang air yang menggenang di tempat seperti ban bekas, pot bunga, dan botol plastik bekas, sehingga dapat mengurangi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Pakai Kelambu dan Jendela Kasa

Lebih baik mengunakan kelambu atau jendela kaca saat tidur sehingga bisa mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah. Sehingga harapannya keluarga bisa terhindar dari DBD.

Baca Juga :   Awas, Kenali 10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Kamu Tahu

Pakai Repelen Nyamuk

Memakai repelen nyamuk dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Gunakan repelen yang mengandung bahan aktif yang disetujui oleh otoritas kesehatan.

Pakai Pakaian yang Tepat

Pakaian yang tepat bisa membantu melindungi dari gigitan nyamuk. Pilihlah pakaian berwarna terang dan hindari warna gelap, karena nyamuk cenderung tertarik pada warna gelap.

Jaga Kebersihan Diri

Selain menjaga kebersihan lingkungan, penting untuk menjaga kebersihan diri. Seperti menerapkan kebiasaan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir dapat membantu mencegah penyebaran virus dengue.

Mengawasi Gejala Demam Berdarah

Penting mengenali gejala DBD, sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat. Gejala DBD sendiri seperti demam tinggi, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, atau gejala lainnya.

Baca Juga :   Menjadi Tulang Punggung Antara Dua Generasi? Ini Solusinya

Demikian tips lindungi keluarga dari DBD. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *