Wabup Rembang Ajak OPD Bangun Rembang Menuju Smart City

Rembang, Rembangnews.com – Bimbingan Teknik Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) berlangsung di Gedung Kantor Bupati Rembang lantai 4 Kamis, (23/06/22).

Bimbingan teknik (Bimtek) ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) dengan mengundang semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Rembang.

Kegiatan Bimbingan Teknik Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) ini dibuka oleh Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ atau biasa disapa Gus Hanies.

Dalam sambutanya, Gus Hanies menyampaikan bahwa masterplan sudah disusun tahun kemarin oleh Pemerintah Kabupaten Rembang. Bimbingan Teknik ini akan mereview masterplan tahun kemarin.

“Bimbingan teknik ini akan review masterplan tahun kemarin. Masterplan yang sudah disusun Pemkab dan didampingi oleh Universitas YPPI Rembang,” kata Hanies.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Dorong Intansi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Teknologi

Ia menjelaskan, smart city adalah sebuah kota cerdas yang bisa menghadapi perkembangan zaman. Sehingga, bisa mengikuti perubahan zaman dan supaya tidak ketinggalan dari perubahan trend.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa smart city diawali dengan government lanjut ke masyarakat. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih mengetahui konsep smart city.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Dinkominfo wujudkan komitmen kami. Salah satu kabupaten kota mendapatkan pendampingan smart city dari kementerian,” kata Gus Hanies.

Kendati demikian, ia mengimbau Bimtek ini tidak hanya menjadi tanggung jawab satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melainkan tanggung jawab semua jajaran Pemerintah Kabupaten.

“Sudah 1 tahun Masterplan diadakan kegiatan. Silahkan dimanfaatkan Bimtek. Sedangkan untuk mensinkronisasikan Masterplan antar dinas sampai kecamatan maupun desa sehingga semua lembaga pemerintah tersambung tersinkronisasi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Inilah Quick Win Berdasarkan Enam Dimensi Smart City

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *