Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasi Kuku Cantengan Tanpa Operasi

Rembangnews.com – Penyakit cantengan atau kondisi khusus ini mungkin sudah familiar di Indonesia. Cantengan adalah kondisi dimana kuku tidak tumbuh dengan baik sehingga menyebabkan pembengkakan di sekitar kuku hingga muncul nanah.

Kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam biasanya terjadi pada kuku jempol kaki dan disebabkan oleh pemotongan kuku yang tidak tepat atau terlalu dalam. Pada dasarnya cantengan kaki tidak berbahaya.

Namun karena biasanya terjadi di jempol kaki, penderitanya akan kesulitan untuk berjalan, memakai sepatu, dan takut jika ada yang menyentuh jari kakinya sebab rasa sakit yang luar biasa. Kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam dan tidak dirawat menyebabkan infeksi meskipun kondisi awalnya tidak berbahaya. Tentu jika sudah parah perlu melakukan tindakan operasi.

Baca Juga :   Cara Efektif Melepaskan Seseorang Agar Bisa Move On

Neh berikut ini merupakan beberapa cara yang tepat untuk mengobati cantengan tanpa melakukan operasi :

  1. Berendam dalam air hangat

Cara ini dapat membantu menjaga kebersihan kaki dan mencegah infeksi. Kamu dapat menggunakan garam epsom ke dalam air rendaman. Lakukan ini selama 15 menit  2-3 kali sehari.

  1. Rendam dengan cuka sari apel

Cairan ini terkenal dapat membantu mengatasi berbagai penyakit, mulai dari jerawat hingga sariawan. Cuka sari apel efektif dalam mengobati kuku kaki yang tumbuh ke dalam secara alami karena sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan pereda nyeri.

  1. Oleskan krim antibiotik

Kamu dapat menggunakan krim antibiotik untuk mencegah peradangan yang juga dapat membantu menyembuhkan kuku yang tumbuh ke dalam lebih cepat. Belilah krim antibiotik ke apotek terdekat.

  1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika nyeri yang luar biasa hingga menghambat aktivitas, kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen atau naproxen yang ada di apotek.

  1. Hindari memakai heels atau sepatu yang sempit

Memakai heels atau sepatu sempit justru akan memperburuk kondisi. Jadi kamu harus menghindari penggunaan heels atau sepatu yang terlalu sempit agar peradangan tidak semakin parah.

  1. Gunakan pelindung jari kaki

Beberapa produk pelindung jari kaki juga juga perlu kamu perhatikan. Kamu dapat melapisi kuku dengan gel khusus untuk melembutkan kuku. Hal tersebut bertujuan agar kuku lebih mudah dipotong.

  1. Cabut kuku atau sebagian kuku

Jika sebagian kuku tumbuh ke dalam terasa nyeri, tetapi tidak basah, biasanya dokter akan mencabut hanya ujung kuku saja. Hal itu tentu dapat kamu lakukan juga. Namun, hati-hatilah dalam melakukan pemotongan kuku agar tidak terjadi hal yang fatal.

Baca Juga :   Cara Mudah untuk Mengatasi WC Tersumbat Tanpa Jasa Sedot

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kuku yang tumbuh ke dalam atau cantengan. Pastikan kamu selalu memperhatikan kebersihan kuku agar tidak tumbuh jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *