Amalan Selama Bulan Ramadan untuk Menambah Pahala

Rembangnews.com Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Di bulan yang suci ini, banyak orang berlomba-lomba beramal kebaikan dengan harapan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Ada amalan-amalan di bulan Ramadan yang dapat menambah pahala. Dengan kemuliaan bulan puasa, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amalan baik yang wajib maupun yang sunnah.

Rasulullah bersabda”Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal sunnah) di dalamnya (Ramadan) samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain. Dan barang siapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh amalan wajib di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.” (HR Ibnu Khuzaimah)

Baca Juga :   BMKG Sebut Indonesia Masuk Pancaroba Saat Ramadan

Lantas, amalan apa saja yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadan? Inilah beberapa amalan yang dapat kamu jalankan untuk menambah pahala :

  1. Ibadah malam

Ada banyak manfaat dari ibadah sholat malam seperti sholat tahajud, tadarus Al Quran, dzikir. Apalagi jika mengerjakannya di bulan yang suci ini. Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT.” (HR Bukhari & Muslim)

  1. Sedekah

Orang yang berpuasa harus lebih banyak bersedekah kepada orang lain, terutama makanan atau minuman, untuk berbuka puasa. Seseorang yang memberi makan atau minum kepada orang yang berpuasa akan mendapat pahala sebanding dengan pahala orang berpuasa yang menerima sedekah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *