Niat Zakat Fitrah Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya

Rembangnews.com – Bulan Ramadan hampir usai yang berarti umat Islam harus menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah adalah bagian tertentu dari harta yang harus dibayarkan selama bulan Ramadan sampai batas waktu sebelum shalat Idul Fitri. Hukum menunaikan zakat fitrah adalah wajib bagi umat Islam, merdeka, dan memiliki makanan pokok pada saat Idul Fitri. Hal Ini berlaku untuk pria, wanita, anak kecil, orang dewasa, dan merdeka (bukan hamba sahaya). Mengenai zakat yang dibayarkan untuk makanan pokok sebesar satusha’ (sekitar 2,7 sampai 3.0 kilogram). Di Indonesia, umat Islam biasanya membayar zakat ini dengan beras.

Nah, satu hal yang tidak boleh kamu lupakan sebelum membayar zakat adalah niat. Niat harus dalam hati dan dianjurkan melafalkannya semata untuk memantapkan. Pengucapan niat zakat ini dapat kamu baca jika ingin menyampaikannya kepada penerima zakat.

Baca Juga :   Fenomena Langit Bulan Februari 2024

Niat zakat fitrah terbagi menjadi enam golongan. Pertama, niat zakat untuk diri sendiri, untuk istri, untuk anak laki-laki, untuk anak perempuan, untuk diri  dan keluarga, serta niat untuk orang yang diwakilkan.

  1. Niat untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *