Nini Thowok, Legenda Rakyat Jawa yang Lebih Menyeramkan dari Jelangkung

Rembangnews.com – Setiap daerah Indonesia memiliki legenda horornya sendiri, seperti Palasik, Jailangkung, Leak hingga Nini Thowok. Kisah Nini Thowok merupakan sebuah cerita yang sudah melegenda sejak lama bagi masyarakat Jawa. Perlu kamu ketahui bahwa legenda Nini Thowok ini adalah sebuah boneka yang terbuat dari siwur (batok kelapa) yang memiliki desain seperti jelangkung tetapi berpakaian seperti wanita.

Nini Thowok berfungsi sebagai alat pemanggil arwah atau jin. Jadi bisa dikatakan bahwa Nini Thowok adalah jelangkung wanita. Nini Thowok dianggap oleh banyak orang lebih buruk dari jelangkung karena besar dan setinggi manusia. Sehingga membutuhkan dua atau tiga orang untuk mengendalikannya apabila kerasukan.

Berawal dari pentas seni, Nini Thowok menjadi seni yang penuh dengan aroma misterius. Apalagi melihat kegunaannya untuk memanggih arwah. Boneka pemanggil hantu ini digunakan oleh Nyonya Oei (Gesata Stella) untuk mencari anaknya yang hilang. Nyonya Oei mendapat petunjuk dari Nini Thowok bahwa anaknya masih tinggal di  rumahnya. Untuk mengetahui apa itu boneka Nini Thowok, simak faktanya berikut ini :

  1. Pentas boneka Nini Thowok sudah ada sejak zaman Mataram

Panembahan Senopati adalah orang pertama yang memperkenalkannya. Ada juga yang menulis bahwa kesenian Nini Thowok mulai ada sekitar tahun 1938. Permainan ini awalnya bertujuan untuk menghibur masyarakat setempat setelah panen raya.

  1. Permainan atau tarian Nini Thowok berkembang di Grudo, Panjangrejo, Pundong dan Bantul.

  2. Seperti halnya jelangkung, boneka Nini Thowok juga di gunakan untuk memanggil arwah.

  3. Berbeda dengan jelangkung yang berukuran kecil, Nini Thowok ini memiliki setinggi manusia.

  4. Nini Thowok juga terkenal dengan nama Nini Thowong. Boneka yang mukanya putih (thowong) karena di bubuhi dengan kapur sirih.

  5. Meski penuh mistis dan berbau misterius, seni spiritual Nini Thowok terancam punah karena semakin sedikit orang yang ingin melestarikan budaya ini.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang cerita-cerita mistis, maka kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini. Nah, itulah berbagai fakta mengenai boneka pemanggil arwah Nini Thowok yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga :   Doa Saat Tertimpa Musibah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *