Tips Atasi Keyboard Laptop yang Rusak

Rembangnews.com – Berikut tips mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Keyboard adalah salah satu perangkat dalam keseluruhan komponen komputer yang cukup populer. Hampir di setiap komputer pasti memiliki keyboard. Perangkat ini punya fungsi yang sangat lekat dengan pengguna.

Karena intensitas penggunaan tinggi, keyboard sering mengalami masalah, seperti tidak berfungsi.

Tentu hal tersebut menghambat pekerjaan kita.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi keyboard yang rusak :

  • Lakukan Restart pada Laptop

Jika keyboard laptop kamu tidak berfungsi disebabkan oleh software ataupun driver. Kamu bisa langsung mencoba melakukan restart pada laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

  • Bersihkan Keyboard dari Debu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan keyboard laptop, ada kemungkinan beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi atau tidak dapat merespon perintah karena terdapat debu yang menumpuk.

Baca Juga :   Cara Atasi Masalah Keyboard yang Tak Berfungsi Sebagian Pada Laptop

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu dan kamu bisa menggunakan selotip untuk menempelkan debu tersebut. Jika kamu seseorang yang handal dalam membongkar pasang perangkat laptop, kamu juga bisa membersihkan nya secara langsung dengan membuka sparepart keyboard pada laptop.

  • Instal Ulang OS

Selain cara yang disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa melakukan restore ulang Windows laptop untuk pemulihan sistem OS. Caranya kamu tinggal klik Start, kemudian pilih Control panel, klik system and security dan pilih back up your computer.

Pada halaman selanjutnya, kamu tinggal klik recover system settings on your computer dan pilih open system restore.

Baca Juga :   Cara Atasi Laptop Saat Ketumpahan Air

Jika kamu dihadapkan dengan kondisi darurat dan keyboard laptop tidak berfungsi secara normal, Jangan khawatir kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan menggunakan Keyboard On Screen atau keyboard virtual.

Keyboard On Screen ini bisa kamu pakai oleh kamu para pengguna Windows 8 dan Windows 10.

Berikut caranya :

  1. Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard.
  2. Jika keyboard bawaan laptop masih berfungsi sebagian, kamu bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.
  3. Keyboard On-Screen kamu bisa mengaksesnya dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.
Baca Juga :   Cara Menampilkan Layar HP di Laptop Menggunakan USB!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *