Cara Atasi Masalah Keyboard yang Tak Berfungsi Sebagian Pada Laptop

Rembangnews.comKeyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka, dan simbol.

Mengingat pentingnya fungsi keyboard, tentu akan menjadi masalah apabila keyboard tidak berfungsi secara maksimal.

Berikut cara mengatasi keyboard tidak berfungsi sebagian pada laptop :

  1. Memeriksa Kerusakan Hardware

Sebaiknya kamu membawa perangkat ke pusat layanan terpercaya untuk diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Dalam mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian, penting untuk berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah dengan cermat.

  1. Membersihkan Keyboard

Salah satu penyebab umum keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian adalah akumulasi debu, kotoran, atau serpihan makanan di antara tombol-tombol keyboard. Kamu disarankan untuk membersihkan keyboard dengan hati-hati menggunakan kuas kecil atau peniup udara. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan baterai dilepas sebelum membersihkan keyboard.

  1. Menggunakan On-Screen Keyboard

Saat beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, kamu dapat menggunakan on-screen keyboard sebagai alternatif sementara. On-screen keyboard adalah fitur bawaan pada sistem operasi yang memungkinkan Kamu mengetik menggunakan mouse atau touchpad. Kamu dapat mengaksesnya melalui menu “Aksesibilitas” atau “Utilitas” pada sistem operasi.

  1. Memeriksa Konektivitas Kabel Keyboard

Jika laptop kamu menggunakan keyboard eksternal, periksa koneksi kabel keyboard ke laptop. Pastikan kabel terhubung dengan baik dan tidak ada kerusakan pada kabel. Coba cabut dan pasang kembali kabel keyboard untuk memastikan koneksi yang baik.

  1. Memperbarui Driver Keyboard

Kamu dapat memperbarui driver keyboard melalui “Device Manager” pada Windows atau “System Preferences” pada MacOS. Berikut ini adalah cara untuk memeriksa driver keyboard:

  • Buka “Device Manager” melalui “Start Menu” dan ketikkan “device manager” di kolom pencarian.
  • Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan bagian “Keyboards”. Jika terdapat tKamu segitiga berwarna kuning, kemungkinan besar driver keyboard mengalami masalah.
  • Untuk mengatasinya, unduh driver terbaru untuk keyboard tersebut melalui situs produsen laptop.
  • Kamu juga bisa mencoba mengklik dua kali jenis keyboard yang tercantum pada bawah bagian “Keyboards” untuk mencari driver yang butuhkan.
  • Selanjutnya, pilih menu driver dan klik “Update Driver” sebagai solusi alternatif untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.
Baca Juga :   iPhone yang Terdaftar IMEI Ilegal Bakal Dimatikan Bareskrim Polri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *