Cara Atasi Laptop Saat Ketumpahan Air

Rembangnews.com – Cara mengatasi laptop saat ketumpahan air.

Seperti yang kita tahu, bahwa laptop merupakan komponen penting untuk menunjang pekerjaan sehari-hari kita.

Lalu bagaimana cara atasi laptop yang ketumpahan air dan menghambat pekerjaan kita?

  1. Dalam Keadaan Basah

  • Lepas semua komponen yang mudah dilepas. Cabut mouse dan kabel apa pun, dan lepaskan semua flash drive dan DVD. Biarkan laptop kosong.
  • Keringkan bagian luar mesin. Buka laptop sejauh mungkin, pegang terbalik agar cairan yang terkumpul keluar, dan gunakan handuk penyerap atau kain penyerap bebas serat untuk menyeka permukaan basah sampai kering. Jangan mencoba mengeringkan komputer dengan udara panas paksa dari senapan panas atau pengering rambut.
  • Manfaatkan kartu garansi jika masih berlaku atau bawa laptop ke tempat servis. Jika merek kamu memiliki toko reparasi yang ditunjuk (seperti Apple), hubungi mereka. Jika tidak, cari toko reparasi lokal yang berspesialisasi dalam merek laptop kamu.
  1. Matikan Laptop

  • Dalam beberapa detik pertama setelah tumpahan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan komputer.
  • Untuk hampir semua laptop, cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan menekan dan menahan tombol daya selama enam hingga 10 detik hingga mematikannya secara paksa.
  • Setelah laptop dimatikan, segera cabut dari adaptor AC atau stopkontak.
  1. Cabut semua aksesori

Setelah kebutuhan yang paling mendesak untuk mematikan dan mencabut laptop telah terpenuhi, lanjutkan dengan mengisolasi laptop dari aksesori apa pun. Hapus semua yang terhubung ke laptop, termasuk kabel USB dan perangkat seperti flash drive yang mungkin terhubung ke port USB.

  1. Keringkan Laptop

Gunakan kain penyerap untuk mengeringkan laptop atau handuk kertas untuk menyerap cairan, tetapi untuk bagian yang lebih kecil dan untuk celah dan celah, gunakan penyeka kapas.

Baca Juga :   Cara Menampilkan Layar HP di Laptop Menggunakan USB!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *