KPU Didorong Edukasi Lansia Terkait Tata Cara Pencoblosan dalam Pemilu

Rembang, Rembangnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang didorong untuk memperhatikan para orang yang lanjut usia dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekda, Agus Salim. Ia mencontohkan, misalnya surat suara calon anggota legislatif berukuran cukup besar. Sehingga rawan sobek. Oleh karena itu, para lansia perlu diedukasi mengenai hal tersebut.

“Kami berpesan kepada KPU agar memberikan pemahaman kepada mereka yang berusia lanjut. Terutamanya usai mencoblos cara melipatnya tidak sampai sobek,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak golput dan memanfaatkan kesempatan untuk memilih pemimpin negeri dengan baik.

Sementara itu, pihak KPU Rembang sendiri sebelumnya telah menggelar simulasi pemungutan suara untuk Pemilu 2024. Simulasi digelar di TPS 32 Desa Pamotan Kecamatan Pamotan dengan dihadiri PPK, PPS dari 14 kecamatan serta warga sekitar.

Baca Juga :   Dua Warga Tewas di Dalam Sumur, Proses Evakuasi Berlangsung Haru

Sebagai informasi, dalam Pemilu mendatang, ada lima surat suara yang dicoblos. Diantaranya surat suara calon presiden, calon DPR RI, calon DPD RI, DPR provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Ketua KPU Kabupaten Rembang, M. Iqbal Fahmi menyebut simulasi yang dilakukan telah dibuat semirip mungkin dengan situasi aslinya.

“Kita buat sama dengan saat pemungutan suara februari nanti. Nama parpol kita ganti nama buah, ukuran surat suaranya sama,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *