Harga dan Kelebihan Samsung Galaxy A55 5G

Rembangnews.com – Berikut harga dan kelebihan Samsung Galaxy A55 5G.

Setelah beberapa waktu lalu rumor kemunculan Samsung Galaxy A55 bocor, kini pihak pabrikan resmi merilis HP middle tersebut ke pasaran global. Termasuk untuk penjualan di tanah air.

Berikut kelebihan dari smartphone Samsung Galaxy A55 5G :

  • Desain Terasa Premium dengan Frame Metal

Desain Galaxy A55 tidak berbeda dengan Galaxy S24+ dan Galaxy S24. Hal tersebut dikarenakan penampilan depan dan belakang Galaxy A55 memang mirip dengan dua HP kelas atas tersebut. Bahkan materialnya pun sama. Back cover-nya memakai kaca, sedangkan frame terbuat dari metal (logam) aluminium.

Penggunaan frame aluminium membuat impresi menggenggam bodi HP jadi beda. Ia terasa lebih kokoh dan premium. Meski begitu, Galaxy A55 bukan HP midrange Samsung pertama yang pakai frame aluminium.

Dahulu Galaxy A5 (2016) sudah pernah memakainya. Frame yang dipakai Galaxy A55 masih rata (flat), sama seperti Galaxy A54. Namun, Samsung kini memberi tonjolan di area tombol power dan tombol volume.

Tonjolan tersebut dinamakan dengan Key Island. Adanya tonjolan bertujuan agar pengguna bisa meraih tombol power dan tombol volume dengan lebih mudah, sekalipun tidak melihat posisi tombolnya. Adapun Galaxy A55 tetap mengantongi sertifikasi IP67. HP ini tahan debu serta tahan air tawar hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

  • Tampilan Layar Bagus, Sudah Pakai Gorilla Glass Victus+

Samsung memasang layar 6,6 inci Super AMOLED pada sisi depan Galaxy A55 5G. Layar Full HD+ (1080 x 2340 piksel) tersebut lebih lebar 0,02 inci dibanding layar Galaxy A54.

Baca Juga :   Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A55 5G

Selain mengalami kenaikan dimensi, layar Galaxy A55 juga lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Hal itu bisa terjadi berkat adanya kaca proteksi Gorilla Glass Victus+. Kaca proteksi tersebut lebih kuat dari Gorilla Glass 5 yang dipakai Galaxy A54.

Layar Galaxy A55 masih mirip-mirip dengan pendahulunya. Refresh rate adaptif 120 Hz, dukungan pemutaran video HDR10+, dan sertifikasi Widevine L1 tersedia. Fitur Always-on display dan sensor pemindai sidik jari juga dapat Anda temukan.

Tampilan layar HP ini sangat khas panel AMOLED. Ia tajam dan kontrasnya tinggi, cocok buat main gim, nonton video, atau sekadar buat navigasi.

  • Speaker Stereo

Galaxy A55 dibekali speaker yang jumlahnya dua. Maka konfigurasi speaker HP ini adalah stereo. Letak speaker utama ada di dekat port USB (bawah), sedangkan speaker keduanya bergabung dengan earpiece di bezel layar atas.

Tak cuma memiliki speaker stereo, Galaxy A55 juga didukung teknologi Dolby Atmos. Kamu bisa mengatur equalizer dengan preset Dolby agar hasilkan suara lebih bagus.

  • SoC Exynos 1480 yang Kencang

HP ini menjadi yang pertama memakai Exynos 1480. Samsung mengeklaim, Exynos 1480 mengalami peningkatan kemampuan CPU sebesar 15 persen, sedangkan kemampuan GPU-nya naik 32 persen.

Baca Juga :   WhatsApp Dekstop Bisa Video Call 8 Orang Sekaligus!

Pertama, clockspeed CPU naik meski mikroarsitektur tetap Cortex A78. Empat inti performa CPU Exynos 1480 memiliki clockspeed 2,75 GHz, naik 0,35 GHz dari inti performa Exynos 1380.

Kedua, SoC ini menggunakan GPU Xclipse 530 dengan clockspeed 1,3 GHz. Clockspeed-nya juga naik dibanding Mali-G68 MP5 yang dipakai Exynos 1380 (950 MHz).

Xclipse 530 dirancang dengan arsitektur AMD RDNA. Namun, Samsung belum memberi informasi lebih lanjut soal RDNA mana yang dipakai. Apakah RDNA2 atau RDNA3.

Ketiga, fabrikasi yang dipakai untuk memproduksi Exynos 1480 adalah 4 nm. Jadi efisiensinya tentu lebih baik ketimbang 5 nm pada Exynos 1380.

Exynos 1480 tentu tidak bekerja sendirian. Ia didukung dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan internal UFS 3.1. Samsung menyediakan tiga konfigurasi memori buat mendukung SoC ini di Galaxy A55. Ada 8/128 GB, 8/256 GB, dan 12/256 GB.

SoC ini ternyata mampu hasilkan performa yang kencang buat  Galaxy A55. Gim berat Genshin Impact bisa dijalankan dengan baik.

Rata-rata frame rate ada di 43 FPS tanpa kipas pendingin. Rerata frame rate naik ke angka 45-50 FPS jika kipas pendingin diaplikasikan. Saat diuji tanpa kipas, suhu bagian depan HP bisa mencapai 41-42°C, sedangkan bagian belakangnya 44-45°C.

Baca Juga :   Cara Mudah dan Cepat Masuk Whatsapp di Komputer

Suhu tersebut masih terbilang wajar, tidak terlalu panas. Kemungkinan besar hasil ini merupakan imbas dari komponen pendinginan si ponsel yang ukurannya 74 persen lebih luas dibanding  Galaxy A54.

  • Kemampuan Kamera Keren

Galaxy A55 dibekali tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Setup-nya tidak berubah dari Galaxy A54. Tiga kamera belakang itu adalah kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.3), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Sementara itu, kamera depannya beresolusi 32 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera utama adalah kamera yang paling spesial di sini. Soalnya ia satu-satunya kamera yang dibekali OIS dan punya autofokus.

Terkait perekaman video, seluruh kamera bisa hasilkan video hingga resolusi 4K 30 FPS, kecuali kamera makro yang memang tak bisa dipakai buat merekam video. Kemampuan merekam video 1080p 60 FPS tersedia di kamera utama dan kamera depan.

Fitur penstabilan video (EIS) aktif di semua kamera dan semua pengaturan resolusi. Saat merekam video, kamu juga bisa melakukan perpindahan kamera asalkan berada pada setelan resolusi yang sama. Ini keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *