Perayaan Waisak 2024 Bakal Dipusatkan di Borobudur

Rembangnews.com – Perayaan Tri Suci Waisak tahun 2024 ini bakal dipusatkan di Candi Borobudur. Sejumlah kegiatan pun akan digelar untuk menyambut perayaan tersebut.

Hari Waisak sendiri jatuh pada tanggal 23 Mei 2024. Ketua Umum DPP WALUBI Hartati Murdaya mengatakan bahwa tema yang diusung yaitu ‘Untuk Hidup Bahagia sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha’.

“Dengan sub-tema hindarilah keserakahan duniawi, kebodohan, kemarahan dan kebencian,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan yang akan dilakukan diantaranya karya bakti ke taman makam pahlawan, screening pasien dan bakti sosial pengobatan gratis di Vihara GVA Mendut, hingga seremoni pembukaan bakti sosial pengobatan gratis.

Baca Juga :   PJ Gubernur Jateng Minta Bupati dan Wali Kota Petakan Wilayah Rawan Banjir

Akan ada penyambutan Biksu Thudong, yang tahun lalu memulai perjalanan dari Thailand menuju Candi Borobudur. Ada tradisi Mahayana, Nyingma Monlam Chenmo Indonesia hari pertama di Taman Aksobya Candi Borobudur, puja bakti, dan meditasi malam di Candi Borobudur.

Dilanjutkan dengan pengambilan Api Dharma di Mrapen, Grobogan dan dilanjutkan dengan ritual pensakralan air di Candi Mendut dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Pada saat Waisak, 23 Mei 2024 terdapat Festival Bhumi Mandala di Candi Ngawen,” terang Koordinator Humas Waisak Nasional 2568 BE/2024, Eric Fernardo.

Rangkaian kegiatan Waisak di Candi Borobudur dan sekitarnya akan dilaksanakan secara offline dan online. Diprediksi, akan ada puluhan ribu umat Buddha yang merayakan Waisak di Borobudur. (*)

Baca Juga :   Pelaku Pengeroyokan di Rembang Telah Berhasil Diringkus Polres Rembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *