Budaya Jawa Dikenalkan di Thailand

Rembangnews.com – Puro Mangkunegaran Solo menggelar roadshow di Bangkok, Thailand bertajuk “Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 by Puro Mangkunegaran”. Acara digelar pada tanggal 16-18 September 2022.

Kegiatan ini sebelumnya juga pernah digelar di Malaysia dan Australia oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X.

“Kebudayaan Puro Mangkunegaran ingin kami perkenalkan kepada masyarakat seluas-luasnya, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sudah banyak budaya Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia dan kami melihat adanya kerinduan, ketertarikan dan kesempatan untuk melakukan hal tersebut di luar negeri,” ujar KGPAA Mangkoenagoro X dilansir dari Kompas.

Selain untuk mengenalkan budaya Mangkunegaran, acara digelar juga dengan tujuan agar masyarakat luar negeri dapat menyaksikan budaya Mangkunegaran secara langsung.

Baca Juga :   Gedung Perpustakaan Daerah Rembang Akan Diubah Jadi Tourist Information Center

“Relasi internasional di bidang kebudayaan ini sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Puro Mangkunegaran di era Mangkunegara sebelumnya. Kami berharap bisa menghidupkan kembali hubungan kerja sama tersebut,” ujar KGPAA Mangkoenagoro X.

Di Thailand, Kemantren Langenpraja selaku penari resmi Puro Mangkunegaran, ikut berperan dalam acara Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum.

Acara menampilkan tarian khas Mangkunegaran yaitu Beksan Gambyong Pareanom dan Beksan Bondoyudho.

Acara juga didukung oleh PT Privy Identitas Pribadi (PrivyID) pada kegiatan Puro Mangkunegaran ini.

“Keanekaragaman budaya lokal adalah yang menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Budaya lokal yang kaya makna seperti Mangkuegaran ini harus kita lestarikan dan promosikan sebagai bagian dari identitas Bangsa,” ungkap CEO PrivyID Marshall Pribadi dilansir dari Kompas.

Baca Juga :   Menkeu Ingatkan Risiko Tekanan Inflasi Meningkat Jelang Ramadan

Ia berharap, kekayaan budaya Indonesia bisa semakin dikenal di luar negeri dengan adanya acara “Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 by Puro Mangkunegaran” ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *