Mengenal Aplikasi Google Lens, Fitur dan Cara Menggunakannya

Rembangnews.com – Mungkin Sebagian masyarakat Indonesia telah mengenal aplikasi Google Lens, fiturnya, berikut cara penggunaannya, namun ada juga Sebagian masyarakat yang belum mengenalnya. Google Lens adalah aplikasi pencarian visual dari Google. Mesin pencarian ini memiliki fungsi yang sama seperti Google Search, tetapi fokus untuk gambar.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencari informasi tentang sesuatu yang kamu lihat, menerjemahkan dan menyalin teks dari gambar, serta membantu menyelesaikan tugas sekolah. Produk Google ini akan membandingkan gambar yang kamu ambil dengan database gambar dari seluruh situs web. Algoritmenya akan mengurutkan dan memberi peringkat pada gambar berdasarkan seberapa mirip kecocokannya dengan gambar yang kamu ambil.

Kemampuan aplikasi ini membuat kamu tidak perlu lagi repot mengetik teks ketika ingin menerjemahkan. Berikut penjelasan lengkap mengenai Google Lens :

 

Aplikasi Google Lens

 

  1. Penjelasan Mengenai Google Lens

Sejak muncul pertama kali pada 2017, aplikasi pintar dari Google ini kian populer. Awalnya, ia merupakan aplikasi tersendiri, namun kini sudah menjadi aplikasi bawaan standar gawai bersistem operasi Android. Selain digunakan di Android, Google Lens juga bisa digunakan di platform iOS.

Baca Juga :   Solusi Macet Ala Elon Musk : Cocok Untuk Indonesia

Google Lens adalah layanan milik Google yang membantu pengguna untuk mengenali gambar. Pengenalan gambar tersebut dapat menghasilkan informasi terkait objek yang berhasil teridentifikasi. Kerennya lagi, ternyata analisis yang berlangsung menggunakan aplikasi ini merupakan hasil analisis visual berdasarkan jaringan saraf.

Dengan layanan ini, pengguna bisa mendapatkan banyak kemudahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Layanan ini bisa pengguna gunakan hanya dengan kamera ponsel dan aplikasi Google Lens sendiri tentunya.

layanan ini juga dapat memindai kode QR, menyalin teks tertulis, dan bahkan menerjemahkan dokumen langsung dari bahasa lain. Aplikasi ini bekerja paling baik untuk mengidentifikasi teks, bangunan terkenal, poster film, seni album, dan banyak lagi. Produk Google ini juga dapat menampilkan ulasan, akun media sosial, dan informasi bisnis.

Demikian juga ketika mengarahkan ke kartu nama, maka layanan ini memungkinkan pengguna menyimpan orang tersebut ke dalam kontak, serta mengisi semua detail di kartu nama di kontak gawai pengguna. Cara menggunakannya dengan terlebih dahulu Download dan instal aplikasi melalui android, dengan cara buka Playstore lalu ketik google lens lalu klik instal dan buka.

  1. Fitur-fitur dan Cara Penggunaan

  • Bisa terjemahkan teks dari dunia nyata.

Aplikasi Lens menawarkan kekuatan translasi dari teks dunia nyata. Tentu hal ini sangat efektif karena pengguna tak perlu lagi menulis untuk mengetahui terjemahan, melainkan memotret teks saja. Berikut langkah untuk mengaksesnya:

Baca Juga :   Lupa Password Google? Begini Cara Memulihkan Akun

– Buka aplikasi Google Lens.

– Ketuk ‘Search with your camera.’

– Arahkan kamera ponsel ke teks.

– Pilih ke bahasa mana teks akan diterjemahkan dan ketuk tombol Capture.

– Selesai, gambar teks akan mengonversi ke bahasa terjemahan secara instan.

  • Cari dan belanja produk secara online.

Aplikasi ini menyediakan fitur yangmana pengguna bisa scan produk ataupun kode QR dan mencarinya secara online. Berikut langkahnya:

– Setelah masuk Google Lens, pilih ‘Search with your camera.’

– Geser dan pilih tab Shopping.

– Foto produk yang hendak dibeli.

– Ketuk pada tombol ‘Google Search’ untuk mencari produk online.

– Selesai, pengguna bisa mencari tahu produk tersebut.

  • Gunakan untuk mengerjakan PR-mu.

Kesusahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah? Butuh rumus untuk menyelesaikan PR matematika? Tenang, layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Langkah untuk dapat fitur ini sebagai berikut:

Baca Juga :   Google Resmi Rilis Fitur Text-to-speech

– Buka aplikasi.

– Pilih ‘Search with your camera.’

– Geser dan pilih tab ‘Homework.’

– Ketuk pada tombol ‘Google Search’ untuk mencari soal yang ingin diselesaikan.

– Selesai, pengguna bisa mencari tahu rumus dari soal tersebut.

  • Gunakan untuk mengidentifikasi hewan, tanaman, atau objek spesifik lainnya.

AI dari Google Lens memudahkan pengguna untuk mendeteksi presensi dari objek-objek yang spesifik, seperti tanaman dan hewan. Untuk mengakses ini, cukup ingkuti langkah berikut:

– Buka aplikasi Lens.

– Pilih ‘Search with your camera.’

– Arahkan kamera ke objek yang ingin diidentifikasi.

  • Akses dan review rating restoran.

Selain itu, pengguna bisa mengidentifikasi restoran untuk mengetahui rating atau peneilaian dari restoran tersebut. Berikut step-stepnya:

– Buka aplikasi Lens.

– Pilih ‘Search with your camera.’

– Geser dan pilih ‘Dining.’ Pengguna juga bisa memotret makanan untuk mengetahui informasi dari makanan tersebut.

 

Berikut penjeasan mengenai aplikasi Google Lens. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *