Tata Cara Mandi untuk Mensucikan Diri Sebelum Puasa Ramadhan

Rembangnews.com – Mandi besar adalah salah satu “ritual” yang sering dilakukan oleh umat Islam menjelang puasa Ramadhan. Banyak juga yang menganggap mandi ini sebagai hal yang wajib. Padahal, mandi besar sebelum berpuasa di bulan Ramadhan sebenarnya tidak wajib. Bahkan, mandi bukanlah salah satu rukun puasa. Jadi jika kamu tidak melakukannya, maka puasa kamu tidak akan batal. Lalu bagaimana tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan?

Mengutip NU Online, mandi wajib itu hanya dilakukan oleh orang yang berhadas besar dan ingin beribadah. Misalnya shalat dan tawaf, sedangkan berpuasa tidak perlu mandi wajib terlebih dahulu.

Meski begitu, Islam  tidak melarang jika umatnya ingin  mandi sebelum Ramadhan. Selanjutnya, mandi di bulan Ramadhan adalah sunnah dalam ajaran Islam. Namun, hukum tersebut tidak wajib. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81):

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya:
“Dan sisa mandi-mandi yang disunahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Ada beberapa tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan. Inilah beberapa di antaranya :

  1. Rukun

Ada dua rukun yang harus kamu penuhi. Pertama, niat dan kedua adalah membasuh tubuh sesuai ketentuan Islam.

  1. Niat

Seperti ibadah lainnya, umat Islam wajib membaca niat  sebelum  mandi.  Niat dapat kamu ucapkan dalam bahasa Arab atau artinya. Kamu juga dapat membaca niat dengan hati atau melafalkannya dengan lantang. Inilah niat mandi sebelum puasa Ramadhan :

Baca Juga :    Niat Zakat Fitrah Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya

“Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari minal janabati fardhol lillahi ta’ala.”

  1. Membersihkan seluruh badan

Kamu dapat memulai dari ubun-ubun. Mulailah dengan membasuh seluruh tubuh tiga kali.  Ketika kamu merasa bahwa semua kotoran telah hilang, kemudian kamu dapat melanjutkan tata cara mandi seperti biasa.

Demikian tata cara mandi wajib sebelum puasa Ramadhan yang dapat kamu lakukan. Tentu saja kamu dapat melakukan mandi ini atau tidak, tergantung dari kepercayaan yang kamu ikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *