Fenomena Langit Bulan Mei 2024

Rembangnews.com – Berikut fenomena langit yang terjadi pada bulan Mei 2024.

Fenomena langit adalah sesuatu yang terjadi secara ilmiah, gejala alam, dan fakta menarik berkaitan dengan langit dan antariksa. Fenomena ini umumnya terbentuk karena fase peredaran benda langit yang bersilang di garis yang sama atau berdekatan satu sama lain.

Berikut fenomena langit yang terjadi bulan Mei 2024 :

  1. Fenomena Langit Kesegarisan Bulan dan Saturnus (4 Mei)

Kesegarisan atau konjungsi dalam dunia astronomi adalah fenomena alam yang terjadi saat dua atau beberapa ¬benda langit nampak saling bertemu karena benda langit tersebut dekat di garis edar.

Di akun YouTube Planetarium dan Observasi Jakarta, pada Sabtu, tanggal 4 Mei 2024 akan terjadi kesegarisan Bulan dan Saturnus. Keduanya akan berada di posisi saling dekat dengan jarak hanya satu derajat. Pengamatan bisa dilakukan di arah timur mulai pukul 02.15 sampai 05.55 WIB.

  1. Kesegarisan Bulan dan Mars (5 Mei)

Tak berselang lama, akan terjadi kesegarisan antara Bulan dan Mars, yakni pada hari Minggu, 5 Mei 2024. Jarak keduanya akan saling berdekatan yakni hanya 1,5 derajat. Fenomena ini bisa diamati dari timur mulai pukul 3.13 WIB hingga 05.55 WIB.

  1. Kesegarisan Bulan dan Merkurius (6 Mei)

Kesegarisan Bulan dengan planet masih akan terjadi hingga Senin, 6 Mei 2024. Di tanggal tersebut Bulan akan dekat dengan Merkurius dengan jarak kurang lebih 4,5 derajat. Pengamatan bisa dilakukan dari arah Timur mulai pukul 04.20 WIB sampai 05.55 WIB.

  1. Bulan Mendekati Bumi (6 Mei)

Di tanggal 6 Mei akan terjadi fenomena perige yakni saat posisi Bulan cukup dekat dengan Bumi. Fenomena tersebut akan terjadi pada 6 Mei 2024 pukul 05.10 WIB, demikian dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga :   Fenomena Langit Bulan Februari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *